Kirim tulisan Anda melalui E-mail; ipmadojoglo@yahoo.com
Featured Posts

Sabtu, 05 November 2011

Kurangnya Penerapan Teknologi Komputer Berdasarkan Bidangnya di Kabupaten Dogiyai


Oleh; Alfrid Dumupa

Dalam kehidupan kita sehari-hari alasan utama untuk menetukan maju dan mundurnya di suatu daerah akan ditentukan oleh Sumber Daya Manusia yang berada disuatu daerah setempat.  Sehingga sumber daya manusia  tersebut kita harus perdayakan dengan serius, dan tidak terkecuali pula Kabupaten dogiyai yang di mekarkan beberapa tahun yang lalu pun harus serius memperdayakan sumber daya manusia yang ada di kabupaten dogiyai tersebut karena sumber daya manusia itulah yang akan menentukan maju dan mundurnya kabupaten dogiyai itu dalam berbagai aspek yaitu di bidang pendidikan dan sekolah karena disanalah yang akan mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Seringkali kita tidak menyadari bahwa  perubahan zaman ini selalu berubah karena dengan adanya pengaruh dunia teknologi  dan informasi maka sumber daya manusia yang ada di kabupaten dogiyai pun dipaksa untuk belajar agar mampu bersaing dalam dunia teknologi dan informasi tersebut.  Sekarang kita hidup dalam dunia yang sedang mengalami proses revolusi penerapan dari teknologi yang disebut dengan computerization (komputerisasi). Dunia  komputerisasi tidak hanya mempegaruhi di kalangan kita secara pribadi, tetapi juga mempengaruhi di kalangan masyarakat,oraganisasi-organisasi dan juga hampir semua aspek dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak terkecuali pula kabupaten dogiyai pun, sangat membutuhkan teknologi komputer untuk menentukan maju mundurnya pembangunan di kabupaten dogiyai tersebut.
Penerapan Komputer Berdasarkan Bidangnya

1.            1.BIDANG TEKNIK DAN ILMU PENGETAHUAN DI KABUPATEN DOGIYAI

Kecepatan dan ketepatan komputer sangat bermanfaat dalam pengelolaan data pada aplikasi teknik. Komputer dapat menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang sangat sulit dan rumit dalam waktu yang singkat.
Penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya bila dilakukan oleh manusia dan yang membutuhkan biaya dan waktu yang besar,sekarang dilakukan simulasi pada komputer.
Contoh simulasi dengan menggunakan komputer pada bidang teknik
1).seorang Geolog menggunakan komputer pada bidang geologi untuk mempelajari dan mengetahui keadaan tanah serta suhu alam dari daerah kabupaten dogiyai.
2).Aplikasi dari computer aided design (CAD) yaitu perancangan yang memakai bantuan computer,dan aplikasi (CAD) ini sering digunakan untuk bidang-bidang teknik. Seperti: perancangan bentuk gedung,jembatan,dan bangunan atau pula susunan tata ruang yang paling efisien dan efektif oleh seorang arsitektur untuk membangun kabupaten dogiyai, dan contoh software komputer yang biasa digunakan oleh seorang arsitektur  adalah (autocad).
3). Seorang planolog membutuhkan komputer pada bidang planologi untuk merancang tata kota dari kabupaten dogiyai.

      2.BIDANG PERBANKAN DAN KEUANGAN DI KABUPATEN DOGIYAI
Dibidang perbankan (bank papua) yang ada di kabupaten dogiyai, komputer dipergunakan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga meningkatkan pelayanan kepada pihak nasabah bank agar bisa berjalan dengan baik, namun sayangnya akhir-akhir ini belum ada pelayanan secara online berbasis ATM (mesin ATM) di kabupaten dogiyai dan apabila sudah ada pelayanan nasabah bank melalui mesin ATM  maka kewaspadaan atau atisipasi yang harus di jaga oleh pihak Bank sendiri adalah:
-          Serangan dari HACKER melalui system jaringan komputer
-          Penjebolan mesin ATM secara manual oleh orang-orang tak dikenal
-          Harus memilki Satpam di setiap kantor bank dan setiap mesin ATM yang disediakan oleh pihak bank sendiri

3.    BIDANG PENDIDIKAN DAN SEKOLAH DI KABUPATEN DOGIYAI
Komputer sekarang sudah masuk didalam dunia pendidikan. Bahkan muid-murid sekolah taman kanak-kanak di amerika serikat sudah menggunakan komputer sebagai alat bantu dalam proses belajar. Nah…! Bagaimana dengan pendidikan dan persekolahan di kabupaten dogiyai? Apakah setiap sekolah di kabupaten dogiyai sudah memilki komputer?. Kalau sekarang banyak tersedia paket-paket program untuk membantu didalam bidang pendidikan. Misalnya paket program untuk membantu didalam memplajar matematika,biologi bahasa inggrish dan lain sebagainya. Metode belajar dengan mempergunakan komputer cukup efektif bagi anak-anak sekolah kabupaten dogiyai karena cukup menarik dan agar setiap anak sekolah yang ada di kabupaten dogiyai mampu bersaing dalam dunia modern yang kini semakin berkembang dengan pesat.  Salah satu paket program untuk pendidikan matematika oleh radio shack. Komputer juga di pergunakan untuk membantu orang tuli mempelajari bahasa kode sehingga komputer untuk mempelajari bahasa kode ini namanya Computer code shack (Komputer studi kode). Program komputer ini dikembangkan oleh murid sekolah menengah atas dari florida, yaitu Daniel J.Johnston.
Contoh sistem operasi komputer dan juga seorang pengampu komputer yang harus di terapkan dalam kalangan pendidikan/persekolahan di kabupaten dogiyai adalah sebagai serikut:
-          Setiap sekolah harus memiliki website
-          Setiap sekolah harus mempunyai laboratory computer sesuai dengan kapasitas murid yang ada
-          Membuat daftar hadir guru dan siswa dengan berbasis komputer
-          Setiap sekolah harus memilki seorang guru atau pengampu komputer yang mampu untuk mendidik siswa tentang komputer yang baik dan benar
-          Setiap ruang kelas harus memilih projector(Viwer) untuk mengajarkan  siswa menggunakan komputer
-           Dst

4.   4. BIDANG KEDOKTERAN DAN RUMAH SAKIT DI KABUPATEN DOGIYAI
Di bidang kedokteran dan rumah sakit kabupaten dogiyai  seharusnya komputer banyak digunakan pada klinik dan kamar pasien untuk membantu para dokter dan perawat untuk mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat sesuai dengan penyakit yang di alami oleh  pasien.
Sehingga rumah sakit yang ada di kabupaten dogiyai harus memilki system komputer yang disebut dengan:
1).SPECT(Single Photon Emiission Computer Tomography)
Merupakan system komputer yang mendeteksi partikel-partikel tubuh manusia yang ditampilkan dalam bentuk gambar.
2).PET(Position Emission Tomography)
Merupakan system komputer yang menampilkan jenis penyakit yang dialami oleh pasien secara otomatis tanpa diketahui seorang dokter/perawat rumah sakit.
3).CAT (Computerized Axial Tomographi)
Merupakan system komputer yang digunakan untuk mengambil seluruh organ tubuh dan manganalisis penyakit paru-paru dan organ lain yang terdapat didalam tubuh manusia.

5.    BIDANG PENERBANGAN/AIRPORT DI KABUPATEN DOGIYAI
Salah satu keguanaan komputer pada perusahan penerbangan atau bandara udara adalah untuk mengatur jadwal penerbangan pesawat dari luar kota yang mau ke terbang ke kabupaten dogiyai maupun dari kabupaten dogiyai terbang ke luar kota dan mengatur system pemesanan tiket . semua data penerbangan direkam pada komputer yang biasanya terletak dikantor pusat. Tiap-tiap cabang dapat menanyangkan jadwal penerbangan dan kursi-kursi yang masih kosong untuk suatu jadwal penerbangan tertentu. Komputer-komputer   cabang dihubungkan dengan kantor pusat bandara undara lewat alat telekomunikasi atau via internet. Dengan bantuan komputer, semua pelayanan dan pengaturan jadwal penerbangan pesawat di kabupaten dogiyai akan berjan dengan lancar.

6.    BIDANG KRIMINALITAS DI KABUPATEN DOGIYAI
Komputer dapat menghasilkan statistik kriminalitas di kabupaten dogiyai, sehingga dapat membantu pengaturan patroli yang diperlukan. Suatu program komputer canggih yang di kembangkan dengan nama “Crime Analysis Support System” program komputer ini  bisa dan mampu mengidentifikasi suatu daerah di kabupaten dogiyai yang kemungkinan akan terjadi kriminalitas.
Contoh kiminal yang bisa di identifikasi oleh system komputer dengan menggunakan program “Crime Analysis Supprt System” adalah:
-          Mengetahui nomor kendaraan yang melakukan pelanggaran terhadap aturan lalu-lintas
-          Dll
Data mengenai sidik jari tangan pun sekarang dapat disimpan di komputer. Kalau ada perkara kriminal yang meninggalkan sidik jari tangan,dengan bantuan computer pencarian identitas pemilik sidik jari tangan tersebut akan segera diketahui dengan cepat.
v  Sistem operasi/Sofware komputer lainnya yang digunakan di bidang kriminalitas, diantaranya adalah:
1).PROMIS
Sistem komputer ini pertama kalinya di kembangkan di Washington D.C  oleh George J.Kate
PROMIS ini dapat memberikan informasi mengenai masalah-masalah  kriminal mana yang paling penting dan dapat memberikan informasi mengenai bukti-bukti dari oknum untuk dibawah ke pengadilan.
             2).CATCH 
 Sistem komputer ini digunakan di kota New York. CATCH menyediakan informasi mengenai deskripsi secara mendetail dari orang-oarang yang dicurigai dan akan ditampilkan di layar komputer.

Mahasiswa Semester 3, Kuliah di Yogyakarta
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Kurangnya Penerapan Teknologi Komputer Berdasarkan Bidangnya di Kabupaten Dogiyai"

Posting Komentar